Strategi Pemasaran Bakso dan Mie Ayam Pak To Wonogiri di Kelurahan Tanjung Raman perspektif Ekonomi islam

  • Zayudi Anwar
  • Ernawati Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Al Furqon Prabumulih Sumatera Selatan
  • Fitria Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Al Furqon Prabumulih Sumatera Selatan
  • Puspita Juliyanti Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Al Furqon Prabumulih Sumatera Selatan
Keywords: Strategi pemasaran, ekonomi islam, perspektif Ekonomi islam

Abstract

Pemasaran Syariah atau pemasaran berperspektif Syariah adalah segala aktivitas yang dilakukan dalam aktivitas bisnis berupa aktivitas penciptaan nilai yang memungkinkan setiap orang untuk tumbuh dan memanfaatkan kepentingannya berdasarkan akad syariah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran pada usaha bakso pak to wonogiri tanjung raman sudah sesuai dalam karakterstik syariah marketing.

Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini Strategi pemasaran kedai bakso dan mie ayam pak to wonogiri sudah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah yaitu: (a). Teistis (Rabaaniyyah), kedai bakso dan mie ayam pak to wonogiri sudah menerapkan prinsip teistis. Yaitu dengan beribadah kepada Allah, bersifat jujur dan amanah.  (b) Etis (akhlaqiyyah), kedai bakso dan mie ayam pak to wonogiri sudah sesuai dengan prinsip etis yaitu dengan sifat sopan, ramah, menghormati dan menghargai konsumen maupun sesama karyawan. (c). Realistis (Al-waqiyyah), kedai bakso dan mie ayam pak to wonogiri sudah sesuai dengan prinsip realistis yaitu makanan yang di jual di kedai bakso dan mie ayam pak to wonogiri makanan yang halal. (d). Humanistis (Al-Insaniyyah), kedai bakso dan mie ayam pak to wonogiri suda sesuai dengan prinsip humanistis yaitu dengan menerapkan 3s senyum, salam, dan sapa

Published
2023-06-03
How to Cite
Zayudi Anwar, Ernawati, Fitria, & Puspita Juliyanti. (2023). Strategi Pemasaran Bakso dan Mie Ayam Pak To Wonogiri di Kelurahan Tanjung Raman perspektif Ekonomi islam. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(1), 81-94. https://doi.org/10.56644/adl.v4i1.61