Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Kopi Afro Ditinjau Menurut Ekonomi Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk kopi Afro, untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam terhadap tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk kopi Afro. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Untuk pengumpulan data dan informasi yang diperoleh dalam penelitian ini, penulis akan menggunakan data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap produk kopi Afro sangat puas, hal ini terlihat dari hasil wawancara mereka sangat puas dengan rasa yang dihasilkan dari kopi Afro karena sesuai dengan selera. lidah mereka. Seorang muslim untuk mencapai tingkat kepuasan harus memperhatikan beberapa hal, yaitu barang yang dikonsumsi halal, baik substansi maupun cara memperolehnya, bukan isrof (kerajaan) atau tabzir (mubazir). Oleh karena itu kepuasan seorang muslim bukan berdasarkan banyaknya barang yang dikonsumsi, tetapi berdasarkan seberapa besar nilai ibadah yang diperoleh dari apa yang dikonsumsinya.
Copyright (c) 2023 ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.













