“PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN UANG ELEKTRONIK (QRIS) PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG”
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepercayaan, kenyamanan, dan pengetahuan penggunaan mempengaruhi pilihan konsumen untuk menggunakan QRIS pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Dalam penelitian ini, 48 responden digunakan sebagai sampel. Metode pengambilan sampel yang digunakan disebut Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung dari kepercayaan sebesar (0,8140) > ttabel (0,2845) artinya Kepercayaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik berbasis QRIS dan 0,823 lebih besar dari nilai α = 0,05 Ha1 diterima. Nilai thitung (0,8390) > ttabel (0,2845) artinya kemudahan penggunaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik berbasis QRIS dengan nilai signifikansinya sebesar 0,025 lebih kecil dari nilai α = 0,05 Ha2 diterima. Nilai thitung (0,3225) > ttabel (0,2845) artinya pengetahuan berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik berbasis QRIS dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05 Ha3 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kepercayaan, kemudahan dan pengetahuan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan QRIS pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Hal ini dapat dilihat dengan nilai nilai F-hitung (1,67866) lebih besar dari nilai F-tabel (2,653) dan nilai Sig. 0,000 < α = 0,05.
Kata kunci : Kepercayaan, Kemudahan, Pengetahuan, Keputusan, QRIS
Abstract
The purpose of this study was to find out how trust, convenience, and knowledge of use influence consumer choices to use QRIS among students at UIN Raden Fatah Palembang. In this study, 48 respondents were used as samples. The sampling method used is called Accidental Sampling. The results showed that the tcount value of trust was (0.8140) > ttable (0.2845) meaning that trust had a significantly positive effect on the decision to use QRIS-based electronic money and 0.823 was greater than the value α = 0.05 Ha1 was accepted. The tcount (0.8390) > ttable (0.2845) means that ease of use has a significant positive effect on the decision to use QRIS-based electronic money with a significance value of 0.025 less than the value α = 0.05 Ha2 is accepted. The value of tcount (0.3225) > ttable (0.2845) means that knowledge has a significant positive effect on the decision to use QRIS-based electronic money with a significance value of 0.000 less than the value α = 0.05 Ha3 is accepted. The results showed that simultaneously the variables Trust, ease and knowledge have a positive and significant influence on the decision to use QRIS in students of UIN Raden Fatah Palembang. This can be seen by the F-count value (1.67866) which is greater than the F-table value (2.653) and the Sig. 0.000 < α = 0.05.
Keyword : Trust, Convenience, Knowledge, Decision, QRIS
Copyright (c) 2023 ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.