PENGARUH EFEKTIVITAS PENGETAHUAN, GAYA HIDUP, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

  • Angel Villania Putri UIN Raden Fatah Palembang
  • Nola Jaya Sasi Kirana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Peny Cahaya Azwari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Pengetahuan, Gaya Hidup, Mobile Banking, perilaku konsumtif

Abstract

ABSTRACT

 

This study aims to examine the relationship between knowledge, lifestyle, and ease of use of mbanking on consumptive behavior in students of Raden Fatah State Islamic University Palembang. Consumptive behavior is defined as the activity of buying an item with consideration that is not reasonable and not based on necessity. This study has a correlational research approach and is quantitative. This research was conducted on 50 students from the Raden Fatah State Islamic University Palembang who frequently shopped and made payments through the mobile banking application. The scale used is knowledge scale, lifestyle scale, ease of use mobile banking scale and consumer behavior scale. Data analyzed with using termination coefficient analysis by looking at the SPSS output display summary models. This study suggests that the variables of knowledge, lifestyle and ease of use of mobile banking have a significant simultaneous effect on the dependent variable, namely consumptive behavior.

 

Keywords: Knowledge, Life Style, Mobile Banking, Consumer Behavior

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pengetahuan, gaya hidup dan kemudahan penggunaan mbanking terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. Perilaku konsumtif digambarkan sebagai tindakan membeli barang untuk alasan selain kebutuhan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan terhadap 50 mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang yang kerap berbelanja dan melakukan pembayaran melalui aplikasi mobile banking. Skala yang digunakan adalah skala  dari segi presepsi pengetahuan, gaya hidup, kemudahan penggunaan mobile banking dan perilaku konsumen. Data dianalisis dengan menggunakan analisis koefisien diterminasi dengan melihat tampilan output SPSS model summary. Penelitian ini  mengemukakan bahwa variabel pengetahuan, gaya hidup dan kemudahan penggunaan mobile banking berpengaruh signifikan bersama-sama (simultan) terhadap variabel terikat yaitu perilaku konsumtif.

 

Kata Kunci: Pengetahuan,  Gaya Hidup, Mobile Banking,  Perilaku Konsumtif

Published
2023-06-03
How to Cite
Putri, A. V., Nola Jaya Sasi Kirana, & Peny Cahaya Azwari. (2023). PENGARUH EFEKTIVITAS PENGETAHUAN, GAYA HIDUP, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(1), 19-32. https://doi.org/10.56644/adl.v4i1.54