PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK BNI SYARIAH CABANG PALEMBANG

  • Mudzakir Ilyas Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Keywords: Kualitas Layanan Faktor Responsiveness, Kualitas Layanan, Faktor Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini berjudul “pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Palembang”. Penelitian ini  menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang  dikumpulkan dari 100 responden dengan penyebaran kuesioner menggunakan teknik Purposive sampilng kepada nasabah yang diukur dengan skala likert. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien detertminasi dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua hipotesis dapat diterima, yaitu sebagai berikut: (1) hasil uji koefisien determinasi menunjukan angka sebesar 0.749 yang berarti variabel kualitas layanan factor responsiveness dan kualitas layanan factor tangible mempengaruhi loyalitas nasabah pada PT.Bank BNI Syariah Cabang Palembang sebesar 7.49% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, dan hasil uji t menunjukan bahwa nilai thitung dari variabel responsiveness ( 5,248) dan tangibles (4,214) > dari nilai ttabel sebesar 1,439 dan ini mengindikasikan bahwa variabel kualitas layanan factor responsiveness dan kualitas layanan factor tangibles mempengaruhi loyalitas nasabah pada PT.Bank BNI Syariah Cabang Palembang (2) kualitas layanan factor responsiveness (5,248) lebih dominan mempengaruhi loyalitas nasabah dibandingakan kualitas layanan factor tangibles (4,214). Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa diantara persepsi nasabah dangan ekspektasi nasabah memiliki kesesuaian, dan hal ini dapat dikategorikan bahwa PT. Bank BNI Syariah Cabang Palembang memiliki kualitas layanan yang baik.

References

Al-Qur’an
Akbar, Dinnul Alfian. 2002. Analisis Pengaruh Penerapan Time-Based Competition Terhadap Kinerja Perusahaan: Studi pada Manufaktur di Indonesia. Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UGM Yogyakarta.
Akbar, Dinnul Alfian dan Kritoforus Jawa Bendi. 2005. Modul SPPS. IAIN Raden Fatah Palembang.
Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. “Bank Syariah dari Teori ke Praktek”. Jakarta: Gema Insani Press.
Dharmayanti, Diah. 2006. Jurnal Manajemen Pemasaran : Analisis Dampak Service dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah.
Istijanto, 2005. Aplikasi Praktek Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Japarianto, Edwin. 2007. Jurnal Manajemen Perhotelan: Analisis Kualitas Layanan Sebagai Pengukur Loyalitas Pelanggan Hotel Majapahit Surabaya Dengan Pemasaran Relasional Sebagai Variabel Interving.
Kotler, Philip. 2000.”Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 2”. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Mardani. 2011. Ayat-Ayat dan Hadist Ekonomi Syariah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mas’ud, Fuad. 2004. Survey Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi. Bandung: BP-Universitas Diponegoro.
Al-Arif, M. Nur Rianto. 2010. “Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah”. Bandung: Alfabeta.
Musanti, Trisno. 2004. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.
Setiawan dan dwi. 2010. Ekonometrika Dasar. Armico, Bandung.
Sinambela, Lijan Poltak dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara, Jakarta.
Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alvabeta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Andi,Yogyakarta.
Zaim Saidi. 2010. Tidak Syar’inya Bank Syari’ah di Indonesia. Delokomotif, Yogyakarta.
Published
2020-04-15
How to Cite
Ilyas, M. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK BNI SYARIAH CABANG PALEMBANG. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(1), 47-64. Retrieved from http://ejournal.steialfurqon.ac.id/index.php/adl/article/view/6