PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK BNI SYARIAH CABANG PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini berjudul “pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Palembang”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan dari 100 responden dengan penyebaran kuesioner menggunakan teknik Purposive sampilng kepada nasabah yang diukur dengan skala likert. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien detertminasi dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua hipotesis dapat diterima, yaitu sebagai berikut: (1) hasil uji koefisien determinasi menunjukan angka sebesar 0.749 yang berarti variabel kualitas layanan factor responsiveness dan kualitas layanan factor tangible mempengaruhi loyalitas nasabah pada PT.Bank BNI Syariah Cabang Palembang sebesar 7.49% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, dan hasil uji t menunjukan bahwa nilai thitung dari variabel responsiveness ( 5,248) dan tangibles (4,214) > dari nilai ttabel sebesar 1,439 dan ini mengindikasikan bahwa variabel kualitas layanan factor responsiveness dan kualitas layanan factor tangibles mempengaruhi loyalitas nasabah pada PT.Bank BNI Syariah Cabang Palembang (2) kualitas layanan factor responsiveness (5,248) lebih dominan mempengaruhi loyalitas nasabah dibandingakan kualitas layanan factor tangibles (4,214). Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa diantara persepsi nasabah dangan ekspektasi nasabah memiliki kesesuaian, dan hal ini dapat dikategorikan bahwa PT. Bank BNI Syariah Cabang Palembang memiliki kualitas layanan yang baik.
References
Akbar, Dinnul Alfian. 2002. Analisis Pengaruh Penerapan Time-Based Competition Terhadap Kinerja Perusahaan: Studi pada Manufaktur di Indonesia. Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UGM Yogyakarta.
Akbar, Dinnul Alfian dan Kritoforus Jawa Bendi. 2005. Modul SPPS. IAIN Raden Fatah Palembang.
Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. “Bank Syariah dari Teori ke Praktek”. Jakarta: Gema Insani Press.
Dharmayanti, Diah. 2006. Jurnal Manajemen Pemasaran : Analisis Dampak Service dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah.
Istijanto, 2005. Aplikasi Praktek Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Japarianto, Edwin. 2007. Jurnal Manajemen Perhotelan: Analisis Kualitas Layanan Sebagai Pengukur Loyalitas Pelanggan Hotel Majapahit Surabaya Dengan Pemasaran Relasional Sebagai Variabel Interving.
Kotler, Philip. 2000.”Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 2”. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Mardani. 2011. Ayat-Ayat dan Hadist Ekonomi Syariah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mas’ud, Fuad. 2004. Survey Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi. Bandung: BP-Universitas Diponegoro.
Al-Arif, M. Nur Rianto. 2010. “Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah”. Bandung: Alfabeta.
Musanti, Trisno. 2004. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.
Setiawan dan dwi. 2010. Ekonometrika Dasar. Armico, Bandung.
Sinambela, Lijan Poltak dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara, Jakarta.
Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alvabeta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Andi,Yogyakarta.
Zaim Saidi. 2010. Tidak Syar’inya Bank Syari’ah di Indonesia. Delokomotif, Yogyakarta.
Copyright (c) 2020 Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.