STRATEGI DALAM MENGHIMPUN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH (Studi Kasus Pada Laznas Dewan Da’wah Sumatera Selatan Kota Prabumulih)

  • Mudzakir Ilyas Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Al-Furqon Prabumulih
Keywords: Strategi, Zakat, Infaq dan shadaqoh, Penghimpunan dana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penghimpunan dana zakat, infaq dan shadaqoh di laznas dewan da’wah sumatera selatan kota prabumulih. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik interview (wawancara) dan teknik dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada 2 strategi penghimpunan dana ZIS, yaitu secara offline dan secara online. Penghimpunan dana ZIS secara offline ada 4 program, yaitu: (1) sosialisasi kepada masyarakat (2) silaturrahmi kepada muzakki (3) menitipkan kotak infaq (4) menitipkan kencleng. Penghimpunan dana ZIS secara online mensosialisasikan laznas dewan da’wah sumatera selatan kota prabumulih melalui Instagram dan facebook. Serta kendala dalam melakukan penghimpunan dana ZIS yaitu: (1) Belum ada transportasi (2) jumlah staff dan relawan masih sedikit (3) status kantor belum tetap (4) minimnya SDM yang menguasai teknologi.

Published
2021-09-28
How to Cite
Mudzakir Ilyas. (2021). STRATEGI DALAM MENGHIMPUN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH (Studi Kasus Pada Laznas Dewan Da’wah Sumatera Selatan Kota Prabumulih). ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 77-88. Retrieved from http://ejournal.steialfurqon.ac.id/index.php/adl/article/view/26